Kopling Tetap

Kopling Tetap

Kopling tetap adalah suatu elemen mesin yang berfungsi sebagai penerus putaran dan daya dari poros penggerak ke poros yang digerakan secara pasti, dimana sumbu kedua poros tersebut terletak pada satu garis lurus atau dapat sedikit berbeda sumbunya.

  1. Macam-macam kopling tetap.
    1. Kopling kaku
    2. Kopling Karet ban (luwes)
      • Kopling kaku dipergunakan bila kedua poros harus dihubungkan dengan sumbu segaris
    3. Kopling universal
  2. Hal-hal penting dalam perencanaan kopling tetap :

Dalam merencanakan suatu kopling tetap, hal-hal yang harus menjadi pertimbangan adalah :

  1. Pemasangan yang mudah dan cepat
  2. Ringkas dan ringan
  3. Aman pada putaran tinggi, getaran maupun tumbukan kecil
  4. Tidak ada atau sedikit mungkin bagian yang menjorok (menonjol)
  5. Dapat mencegah pembebanan lebih
  6. Terdapat sedikit kemungkinan gerakan aksial pada poros sekiranya terjadi pemuaian karena panas.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s